Skip to main content

Blog entry by Hortense Gillis

Menteri Luar Negara RI (Menlu RI) Retno Marsudi memurukkan adanya penyahihan kerja sama bidang perdagangan LIVECHAT RGO303, investasi hingga pendidikan dengan Lithuania, serempak dengan 30 tahun hubungan diplomatik rekahan kedua negara.

82ca0714-7fb2-4d5f-a4d7-970c444fb4baimage-offercampaign-2744-jpg.jpg"Kita perlu menggunakan momentum ini selengkapnya untuk membawa hubungan kami ke depan," ujar Menlu Retno dalam perumpamaan pers pernah perulasan dengan Menteri Luar Jajahan Lithuania Gabrielius Landsbergis di Gedung Kemlu RI, Senin (30/10/2023).

Di bidang perdagangan, Menlu Retno menyebut bahwa perdagangan bilateral rekahan Indonesia dan Lithuania naik hampir 43 ganjaran di paruh pertama tahun 2023. Namun Jelasnya angka termuat belum membayangkan potensi seutuhnya dari dua negara.

"Untuk mendukung perdagangan dua arah, hamba menentukan lebih banyak perdagangan yang Seimbang Ambo mengupayakan dukungan Menlu Landsbergis dalam memfasilitasi lebih banyak produk Indonesia untuk masuk pasar Lithuania, tercantum untuk karet, kertas dan furnitur dari kayu," kata Menlu Retno.

Sejauh ini, Menlu Retno pula menyebut bahwa keluaran minyak kelapa sawit dari Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor teratas ke Lithuania. Hamba percaya bahwa Indonesia dapat meneruskan ekspor minyak kelapa sawit selaku bersambung-sambung ke Lithuania dan ke pasar Eropa yang lebih besar," sambungnya.

Guna beri dukungan kerja sama di bidang perdagangan, Menlu Retno turut menyongsong ditandatanganinya MoU celah Kadin dan Persatuan Maskapai Lithuania. Di bidang investasi, menteri luar distrik pertama Tanah Air itu mengapresiasi investasi Lithuania bagi pembeberan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Saya mengapresiasi investasi dari perusahaan penerbangan Lithuania di Bandara Ngurah Rai Bali dan kongsi serta jasa pengiriman barang," ucap Menlu Retno.

Sementara di bidang pendidikan dan pemampangan teknologi, ke-2 negara berfokus mengembangkan kerja sama antar universitas lewat keterangan bersama dan program gelar ganda. Ana pula berbincang soal mungkin kerja sama di bidang unggulan dari Lithuania merupakan teknologi," paparnya.

Saya menjorokkan kerja sama lebih gayal untuk mengangkat sistem teknologi untuk transportasi bumi dan udara, juga mengesahkan kerja sama keamanan siber lewat capacity building." Selain memusyawarahkan soal potensi kerja sama celah Indonesia dan Lithuania, ke-2 menlu pun berbicara soal isu di kawasan dan Populer

Abdi menyongsong baik strategi Indo-Pasifik Lithuania yang mengutamakan komitmennya untuk membentuk kerja sama kawasan. Dan untuk mengatrol kerja sama Tampak ambo mengutamakan pentingnya melatih sinergi dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," kata Menlu Reno.

Selain itu, Menlu Retno dan Menlu Landsbergis juga berbahasa soal konflik yang memanas di Gaza. Aku menempuh Lithuania untuk berbaur dalam mengusahakan penyudahan serangan dengan cara bergegas untuk warga sipil tanpa pandang bulu dan menetapkan bantuan kemanusiaan tanpa hambatan dan aman," tuturnya Tengah.

Anyone in the world